Bobot : 1 SKS
Semester : III
Fakultas : Semua Jurusan
Muhammadiyah adalah gerakan Islam, dakwah amar ma'ruf nahi munkar dan tajdid yang bersumber dari AL Qur'an As Sunnah. Dalam gerakannya, Muhammadiyah mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. Untuk maksud dan tujuan tersebut Muhammadiyah melaksanakan dakwah amar ma'ruf nahi munkar dan tajdid melalui segenap usaha yang diwujudkandalam bentuk amal usaha, program dan kegiatan. Perguruan Tinggi Muhammadiyah merupakan salah satu amal usaha Muhammadiyah yang didirikan dan dikembangkan untuk mendukung tercapainya maksud dan tujuan Muhammadiyah.
Gerakan dakwah Muhammadiyah akan tetap eksis dan berkembang luas seiring dengan semakin banyak dan berkualitasnya anggota dan sekaligus kader-kader penerus perjuangan Muhammadiyah. Karena itu upaya untuk melahirkan, memperbanyak dan meningkatkan kualitas kader-kader Muhammadiyah merupakan suatu keharusan bagi Muhammadiyah. Dan salah satu usaha yang sangat efektif untuk itu adalah amal usahadalam bidang pendidikan, tak terkecuali pendidikan tinggi. Untuk itu, upaya maksimal untuk melahirkan kader-kader Muhammadiyah melalui proses pendidikan di lembaga pendidikan Muhammadiyah termasuk juga Perguruan Tinggi Muhammadiyah harus diupayakan melalui berbagai usaha terutama melalui pendidikan dan pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK).
Materi kuliah AL Islam dan Kemuhammadiyahan III ini didesain untuk mengenalkan kepada mahasiswa ihwal gerakan Muhammadiyah dari berbagai sisinya. untuk memberi gambaran tentang pentingnya gerakan ini materi diawali dari islaminisasi nusantara kemudian dirangkai dengan asal usul dan makna kehadiran Muhammadiyah, anggaran dasar dan anggaran rumah tangga, matan keyakinan dan cita-cita hidup Muhammadiyah. adapun untuk memberi gamabaran tentang gerakan Muhammadiyah, disajikan materi-materi mulai dari Muhammadiyah sebagai gerakan tajdid, sebagai gerakan keagamaan, gerakan pendidikan, gerakan social, gerakan politik, serta nilai-nilai yang dijunjung tinggi dan menjadi perhatian Muhammadiyah.
Sebagai upaya untuk menumbuhkan minat mahasiswa untuk mengenal Muhammadiyah secara mendalam dan menghayati nilai-nilai yang menjadi perhatian Muhammadiyah, perkuliahan diselenggrakan dalam suasana dialogis dan terbuka.
Standar Kompetisi
Memahami Muhammadiyah secara utuh mulai dari asal usul, ideologi, paham keagamaan, strategi gerakan, makna kehadiran, hingga nilai-nilai yang dijunjung tinggi dan menjadi perhatian Muhammadiyah.
NO
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI POKOK
|
ALOKASI WAKTU
|
REFERENSI
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
I
|
Memahami Islamisasi di nusantara
|
1.
Dapat menjelaskan teori-teori islamisasi di
nusantara
2.
Dapat
menjelaskan tahap-tahap perkembangan
Islam di nusantara.Dapat menjelaskan corak Islam di nusantara.
|
1.
Teori-teori
Islamisasi Nusantara
2.
Tahap-tahap Perkembangan Islam di nusantara
3.
Corak Islam di Nusantara
|
1 x 100 menit
|
Azra,
2002:15-50
Suryanegara,
1995 : 73
|
II
|
Memahami
asal-usul gerakan Muhammadiyah
|
1.
Dapat
menjelaskan faktor-faktor yang melatar belakangi munculnya gerakan
Muhammadiyah.
2.
Dapat
menjelaskan sosok, keperibadian dan obsesi founding father Muhammadiyah.
|
1.
Latar
Belakang lahirnya gerakan
Muhammadiyah
2.
Profil
Pendiri Muhammadiyah
|
1 x 100 menit
|
Khozin dan
Syaukani, 2000: 173-220 Khozin, 2005:1-29
|
III
|
Memahami
Mukadimah, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Muhammadiyah
|
1.Dapat menjelaskan Mukadimah, Anggaran Dasar Muhammadiyah.
2.Dapat menjelaskan identitas dan asas Muhammadiyah
3.Dapat menjelaskan keanggotaan Muhammadiyah
4.Dapat menjelaskan keorganisasian Muhammadiyah
|
1.
Mukadimah
Anggaran Dasar Muhammadiyah
2.
Identitas dan
asas Muhammadiyah
3.
Keanngotaan
Muhammadiyah
4.
Keorganisasian
Muhammadiyah
|
1 x 100 menit
|
PPM. 2005: 1-67
PPM. 2010
|
IV
|
Memahami
Kepribadian Muhammadiyah
|
1.Dapat menjelaskan hakekat Muhammadiyah
2.Dapat menjelaskan dasar amal usaha Muhammadiyah
3.Dapat menjelaskan pedoman amal usaha dan perjuangan Muhammadiyah
4.Dapat menjelaskan sifat Muhammadiyah
|
1.
Hakekat Muhammadiyah
2.
Dasar amal usaha dan perjuangan Muhammadiyah
3.
Sifat Muhammadiyah
|
1x 100 menit
|
Nashir. 2006:
101-109
Khozin dan
Syaukani, 2000: 155-156
|
V
|
Memahami matan
keyakinan dan
cita-cita Muhammadiyah
|
1.
Memahami keyakinan Muhammadiyah
2.
Memahami cita-cita hidup Muhammadiyah
3.
Dapat mendeskripsikan arah usaha Muhammadiyah
dalam bidang aqidah, ibadah, dan mu’amalah dunyawiyah
|
1.
Cita-cita Muhammadiyah
2.
Islam dan keyakinan Muhammadiyah
3.
Arah usaha Muhammadiyah dalam bidang aqidah,
ibadah, akhlak, dan mu’amalah dunyawiyah
|
1 x 100 Menit
|
Nashir, 2006: 110-113
Khozin dan
Syaukani, 2000:
223-294
Khozin, 2005
|
VI
|
Memahami Muhammadiyah
sebagai gerakan Islam yang berwatak tajdidi
|
1.
Dapat menjelaskan konsep tajdid dalam
Muhammadiyah
2.
Dapat mendeskripsikan model-model tajdid
|
1. Pengertian Tajdid Dalam Muhammadiyah
2.
Model-model tajdid Muhammadiyah
|
1 x 100 menit
|
Khozin dan Syaukani, 2000: 3-21
Nashir, 2006; xxi-xxxix
|
VII
|
Memahami Muhammadiyah sebagai gerakan
keagamaaan
|
1.
Dapat mendekripsikan makna kehadiran
Muhammadiyah sebagai gerakan keagamaan
2.
Dapat menjelaskan gerakan keagamaan
Muhammadiyah
|
1.
Makna kehadiran Muhammadiyah sebagai gerakan
keagamaan
2.
Model gerakan keagamaan Muhammadiyah
|
1 x 100 menit
|
Khozin dan
Syaukani, 2000: 223-294
|
VIII
|
Memahami Muhammadiyah sebagai gerakan sosial
|
1.
Dapat mendeskripsikan makna kehadiran Muhammadiyah
sebagai gerakan sosial
2.
Dapat menjelaskan gerakan sosial Muhammadiyah
|
1.
Nilai-nilai Islam yang mendasari gerakan
sosial Muhammadiyah
2.
Gerakan sosial dalam lintasan sejarah
|
1 x 100 menit
|
Khozin dan
Syaukani, 2000: 223-294
|
IX
|
Memahami Muhammadiyah sebagai gerakan
pendidikan
|
1.
Dapat mendeskripsikan makna kehadiran
Muhammadiyah sebagai gerakan pendidikan
2.
Dapat mendeskripsikan gerakan pendidikan
Muhammadiyah
|
1.
Faktor-faktor yang melatarbelakangi lahirnya
pendidikan Muhammadiyah
2.
Cita-cita pendidikan Muhammadiyah
3.
Pemikiran dan praktis Muhammadiyah
|
1 x 100 menit
|
Hamzah,
Khozin dan Syaukani: 2000; 233-294
|
X
|
Memahami peran politik Muhammadiyah dalam
kancah perpolitikan Indonesia
|
1.
Dapat mendeskripsikan Khittah Muhammadiyah dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara
2.
Dapat mendeskripsikan Sikap politik Muhammadiyah dalam sejarah
perpolitikan Indonesia
3.
Dapat mendeskripsikan Model/bentuk peran
politik Muhammadiyah
|
1.
Khittah Muhammadiyah dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara
2.
Sikap politik Muhammadiyah dalam sejarah
perpolitikan Indonesia
3.
Model/bentuk peran politik Muhammadiyah
|
1 x 100 menit
|
Thohari,
2005; 119-157
|
XI
|
Memahami dan menghayati spiritualitas Islam
dalam pandangan Muhammadiyah
|
1.
Dapat mendeskripsikan makna kehidupan
spiritual
2.
Dapat mendeskripsikan paham Muhammadiyah
dalam kehidupan spritual
|
1.
Kehidupan spritual dalam Islam
2.
Faham Muhammadiyah tentang kehidupan spritual
|
2 x 100 menit
|
Askuri,bambang,
Haedar Nashir, dkk.2006;1-20
|
XII
|
Memahami gerakan zakat, infaq, dan shodaqah
dalam Muhammadiyah
|
1.
Dapat mendeskripsikan pengertian zakat, infaq
dan shodaqoh
2.
Dapat mendeskripsikan nila-nilai ajaran Islam
tentang zakat, infaq, dan shodaqoh
3.
Hikmah zakat, infaq, dan shodaqoh
|
1.
Pengertian zakat, infaq dan shodaqoh
2.
Nilai-nilai ajaran Islam tentang pengertian
zakat, infaq dan shodaqoh
3.
Hikmah pengertian zakat, infaq dan shodaqoh
|
1 x 100 menit
|
Safi’I, Nashir, Muhajir dkk., 2010; 53-127
|
XIII
|
Memahami gerakan peduli kepada fakir miskin
dan anak yatim dalam Muhammadiyah
|
1.
Dapat mesdeskripsikan konsep fakir miskin dan
anak yatim dalam al Qur’an dan As Sunnah
2.
Dapat mesdeskripsikan keberpihakan
Muhammadiyah terhadap kaum dhuafa (fakir, miskin, dan yatim)
|
1.
Fakir miskin dan anak yatim dalam al Qur’an
dan As Sunnah
2.
Keberpihakan Muhammadiyah terhadap kaum
dhuafa (fakir, miskin, dan yatim)
|
2 x 100 menit
|
Safi’I, Nashir, Muhajir dkk., 2010; 53-127
|
METODE PEMBELAJARAN :
1.
Kuliah tata muka
5.
Studi kasus
2. Ceramah
6. Pemutaran film
3. Diskusi
interaktif 7. Game
4. Tugas
mandiri/kelompok 8. Seminar, dll
ASPEK YANG DINILAI DAN
BOBOT PERSENTASENYA :
1. Kehadiran
20
%
4. UTS 20 %
2. Keaktifan di
kelas
15 %
5. UAS 30 %
3. Sikap
15
%
REFERENSI :
BUKU WAJIB :
Buku Penunjang
Askuri, Bambang, Haedar
Nashir,dkk. Pendidikan Kewarganegaraan, Menuju kehidupan yang demokrasi
dan berkeadaban. Diktilitbang-LP3. Yogyakarta. Hal 1-21
Azra, Azyumardi, 2002, Islam Nusantara, Jaringan Global
dan Lokal, Bandung: Mizan
Khozin dan Imam Syaukani (ed). 2000, Pembaharuan Islam ,
konsep, pemikiran dan gerakan.UMM-Press
Mulkhan,
AM., 2005. Kisah dan Pesan Kiai Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Pustaka SP
Nashir,
Haedar, 2006. Meneguhkan Ideologi Gerakan Muhammadiyah Malang,UMM Press
PP
Muhammadiyah cet ke 3 2007. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga
Muhammadiyah. Yogyakarta. Suara Muhammadiyah
Suwito
dan Fauzan (ed),2003. Sejarah para tokoh pendidikan, Angkasa
Syafi’I Ma’arif, Haedar Nashir, Muhajir
Effendy, dll.2010. Mengungat Modernitas Muhammadiyah; Refleksi satu abad
perjalanan Muhammadiyah. Best media dan PSIF. Jakarta
Thohari,
Hajriyanto Y, 2005. Muhammadiyah dan pergulatan Politik Islam Modernis. PSAP.
Jakarta
Benda, Harry J. 1985. Bulan Sabit Dan Matahari Terbit: Islam
Indonesia pada Pendudukan Jepang, Jakarta: Pustaka Jaya.
Humam S, Ibnu. 1990. Politik Pendidikan Kolonial dan Pendidikan
Muhammadiyah. Yogyakarta: Majelis Pustaka Muhammadiyah Yogyakarta.
Jainuri, A. 1981. Muhammadiyah Gerakan Reformasi Islam di Jawa pada
abad ke 20 an. Surabaya: Ibnu Sina
Noer, Deliar. 1990. Gerakan Modern Islam di Indonesia 1990-1942.
Jakarta;LP3ES
Sujarwanto, dkk. 1990. Muhammadiyah dan Tantangan Masa Depan,
Sebuah Dialog Intelektual. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Suryanegara. Ahmad Mansur. 1995. Menemukan Sejarah Wacana
Pergerakan Islam di Indonesia. Bandung: Mizan.