Nama Mata
Kuliah : Pendidikan Al-Qur’an
SKS/ Semester : 0/2
Mata Kuliah
Pra Syarat : Ulumul Qur’an
Deskripsi Mata
Kuliah :
Mata Kuliah ini berorientasi pada pemberian bekal sekaligus penguatan bagi
mahasiswa sebagai calon guru Pendidikan Agama Islam maupun Keislaman, yang
dituntut untuk menguasai materi pembelajaran dan cara mengajarkannya. Oleh
karena itu, melalui Mata Kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari salah satu sub
materi Pendidikan Agama Islam maupun Keislaman, yaitu tentang Al-Qur’an, dimulai dari mempelajari cara
membacanya secara benar, mengenal Al-Qur’an sebagai Kitab yang mengandung
pokok-pokok ajaran Islam, serta mengkaji ayat-ayat Al-Qur’an dengan tema-tema
tertentu.
Standar
Kompetensi :
- Memahami hukum-hukum bacaan dan mampu menerapkannya secara benar dalam membaca Al-Qur’an serta trampil mengajarkannya di kelas.
- Mengenal Al-Qur’an dan hal-hal yang berhubungan dengannya, serta trampil mengajarkannya di kelas.
- Mendeskripsikan ayat-ayat Al-Qur’an dan mengamalkan ajaran-ajarannya dalam kehidupan sehari-hari serta trampil mengajarkannya di kelas.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Pengalaman Belajar
|
Materi Ajar
|
Wkt
|
Alat/Bahan/
Sumber Belajar
|
Penilaian
|
1.1.Memahami makharijul huruf, perbedaan
hukum bacaan ”al” syamsiyah dan ”al” qamariyah, serta cara pembelajarannya
|
a. Mempraktekkan makharijul huruf
b. Menjelaskan perbedaan pengertian
hukum bacaan antara ”al” syamsiyah dan ”al” qamariyah
c. Menyebutkan contoh-contoh
bacaan “al” syamsiyah
d.
Menyebutkan contoh-contoh bacaan “al” qamariyah
e.
Menunjukkan bacaan “al” syamsiyah dan ‘al” qamariyah dalam QS. Adl-Dluha dan
Al-‘Adiyat
|
1) Latihan menyebut huruf-huruf hijaiyah
2) Mengkaji
perbedaan hukum bacaan hukum bacaan ”al” syamsiyah dan ”al” qamariyah
3)
Menirukan contoh-contoh bacaan “al” syamsiyah
4) Menirukan contoh-contoh bacaan “al”
qamariyah
5) Mengklasifikasi dan melafalkan bacaan
“al” syamsiyah dan ‘al” qamariyah dalam QS. Adl-Dluha dan Al-‘Adiyat
|
a) Makharijul huruf
b) Perbedaan hukum
bacaan ”al” syamsiyah dan ”al” qamariyah
c)
Contoh-contoh bacaan “al”
syamsiyah
d)
Contoh-contoh bacaan “al”
qamariyah
e)
Bacaan “al” syamsiyah dan “al” qamariyah pada
QS. Adl-Dluha dan Al-‘Adiyat
|
100’
|
VCD The Holy
Qur’an, Laptop, LCD, Wireless, Mushaf Al-Qur’an
|
Portofolio,
kinerja dan tes lisan
|
a. Membuat perencanaan
pembelajaran tentang perbedaan hukum bacaan “al” syamsiyah dan “al” qamariyah
b. Mempraktekkan pembelajaran
di kelas
|
1) Mendesain
pembelajaran tentang perbedaan hukum bacaan “al” syamsiyah dan “al” qamariyah
2) Melaksanakan
pembelajaran di depan kelas
|
Pembelajaran
hukum bacaan “al” syamsiyah dan “al” qamariyah
|
100’
|
Mel Silberman, Active Learning (2001)
Hisyam Zaini, dkk., Desain Pembelajaran di Perguruan
Tinggi (2002)
Hisyam Zaini, dkk., Strategi Pembelajaran di Perguruan
Tinggi (2002)
Mukhtar, Desain Pembelajaran PAI (2002)
|
Tugas dan proses
|
|
1.2. Memahami hukum bacaan nun sukun/tanwin serta cara
pembelajarannya
|
a. Menjelaskan macam-macam hukum bacaan nun
sukun/tanwin
b. Menyebutkan contoh-contoh hukum
bacaan nun sukun/tanwin
c. Menunjukkan bacaan nun sukun/tanwin pada
QS. Al-Qadr
|
1) Mengkaji macam-macam hukum bacaan nun
sukun/ tanwin
2) Menirukan contoh masing-masing hukum
bacaan nun sukun/tanwin
3) Menentukan dan melafalkan bacaan nun
sukun/tanwin pada QS. Al-Qadr
|
a)
Macam-macam hukum bacaan nun sukun/ tanwin
b)
Contoh masing-masing hukum bacaan nun
sukun/tanwin
c)
Bacaan nun sukun/tanwin pada QS. Al-Qadr
|
100’
|
VCD The Holy
Qur’an, Laptop, LCD, Wireless, Mushaf Al-Qur’an, kertas plano, spidol, lakban
|
Portofolio, kinerja, dan tes
|
a.
Membuat perencanaan pembelajaran
tentang hukum bacaan nun sukun/ tanwin
b. Mempraktekkan pembelajaran di kelas
|
1) Mendesain
pembelajaran tentang hukum bacaan nun sukun/ tanwin
2) Melaksanakan pembelajaran di depan
kelas
|
Pembelajaran
hukum bacaan nun sukun/tanwin
|
100’
|
Mel Silberman, Active Learning (2001)
Hisyam Zaini, dkk., Desain Pembelajaran di Perguruan
Tinggi (2002)
Hisyam Zaini, dkk., Strategi Pembelajaran di Perguruan
Tinggi (2002)
Mukhtar, Desain Pembelajaran PAI (2002)
|
Tugas dan proses
|
|
1.3. Memahami
hukum bacaan mim sukun serta cara pembelajarannya
|
a. Menjelaskan
macam-macam hukum bacaan mim sukun
b. Menyebutkan contoh-contoh hukum
bacaan mim sukun
c. Menunjukkan bacaan mim sukun pada QS.
Al-Fil
|
1) Mengkaji macam-macam hukum bacaan mim
sukun
2) Menirukan contoh masing-masing hukum
bacaan mim sukun
3) Menentukan dan melafalkan bacaan mim
sukun pada QS. Al-Fil
|
a) Macam-macam hukum
bacaan mim sukun
b)
Contoh masing-masing hukum
bacaan mim sukun
c) Bacaan mim sukun pada QS. Al-Fil
|
100’
|
VCD The Holy Qur’an, Laptop, LCD, Wireless, Mushaf Al-Qur’an
|
Portofolio, kinerja, dan tes
|
a.
Membuat perencanaan pembelajaran
tentang hukum bacaan mim sukun
b. Mempraktekkan pembelajaran di kelas
|
1) Mendesain
pembelajaran tentang hukum bacaan mim sukun
2) Melaksanakan pembelajaran di kelas
|
Pembelajaran
hukum bacaan mim sukun
|
100’
|
Mel Silberman, Active
Learning (2001)
Hisyam Zaini,
dkk., Desain Pembelajaran di Perguruan Tinggi (2002)
Hisyam Zaini,
dkk., Strategi Pembelajaran di Perguruan Tinggi (2002)
Mukhtar, Desain Pembelajaran PAI (2002)
|
Tugas dan
proses
|
|
1.4. Memahami hukum bacaan qalqalah serta cara pembelajarannya
|
a. Menjelaskan
pengertian qalqalah
b. Menjelaskan macam-macam
hukum bacaan qalqalah
c. Menyebutkan contoh-contoh hukum
bacaan qalqalah
d. Menunjukkan bacaan qalqalah pada QS. Al-Ikhlas dan Al-Lahab
|
1) Mengkaji pengertian qalqalah
2) Mengkaji macam-macam hukum bacaan
qalqalah
3) Menirukan contoh masing-masing hukum
bacaan qalqalah
4) Menentukan dan melafalkan bacaan
qalqalah pada QS. Al-Ikhlas dan Al-Lahab
|
a) Pengertian qalqalah
b) Macam-macam hukum
bacaan qalqalah
c) Contoh
masing-masing hukum bacaan qalqalah
d) Bacaan qalqalah pada QS. Al-Ikhlas,
dan Al-Lahab
|
100’
|
VCD The Holy
Qur’an, Laptop, LCD, Wireless, Mushaf Al-Qur’an
|
Portofolio, kinerja, dan tes
|
a. Membuat perencanaan
pembelajaran tentang hukum bacaan qalqalah
b. Mempraktekkan pembelajaran di kelas
|
1) Mendesain pembelajaran tentang hukum bacaan qalqalah
2) Melaksanakan pembelajaran di kelas
|
Pembelajaran
hukum bacaan qalqalah
|
100’
|
Mel Silberman, Active
Learning (2001)
Hisyam Zaini,
dkk., Desain Pembelajaran di Perguruan Tinggi (2002)
Hisyam Zaini,
dkk., Strategi Pembelajaran di Perguruan Tinggi (2002)
Mukhtar, Desain Pembelajaran PAI (2002)
|
Tugas dan
proses
|
|
1.5. Memahami hukum bacaan “ra’” serta cara pembelajarannya
|
a. Menjelaskan
pengertian hukum bacaan ”ra’”
b. Menjelaskan
macam-macam hukum bacaan ”ra’”
c.
Menyebutkan contoh-contoh hukum bacaan ”ra’”
d. Menunjukkan bacaan “ra’” pada QS. At-Takatsur
|
1) Mengkaji pengertian hukum bacaan
”ra’”
2) Mengkaji macam-macam hukum bacaan
”ra’”
3) Menirukan contoh masing-masing hukum
bacaan ”ra’”
4) Menentukan dan melafalkan bacaan
”ra’” pada QS. At-Takatsur
|
a) Pengertian hukum
bacaan “ra’”
b) Macam-macam hukum
bacaan “ra’”
c) Contoh
masing-masing hukum bacaan ”ra’”
d) Bacaan ”ra’” pada QS. At-Takatsur
|
100’
|
VCD The Holy
Qur’an, Laptop, LCD, Wireless, Mushaf Al-Qur’an
|
Portofolio, kinerja, dan tes
|
a.
Membuat perencanaan pembelajaran
tentang hukum bacaan “ra’”
b. Mempraktekkan pembelajaran di kelas
|
1) Mendesain pembelajaran tentang hukum bacaan “ra’”
2) Melaksanakan pembelajaran di kelas
|
Pembelajaran
hukum bacaan ”ra’”
|
100’
|
Mel Silberman, Active
Learning (2001)
Hisyam Zaini,
dkk., Desain Pembelajaran di Perguruan Tinggi (2002)
Hisyam Zaini,
dkk., Strategi Pembelajaran di Perguruan Tinggi (2002)
Mukhtar, Desain Pembelajaran PAI (2002)
|
Tugas dan
proses
|
|
1.6. Memahami hukum bacaan mad serta cara pembelajarannya
|
a. Menjelaskan
pengertian hukum bacaan mad
c. Menjelaskan
macam-macam hukum bacaan mad
c. Menyebutkan contoh-contoh hukum
bacaan mad
d. Menunjukkan bacaan mad pada QS.
Al-Fatihah dan Al-Kafirun
|
1) Mengkaji pengertian hukum bacaan mad
2) Mengkaji macam-macam hukum bacaan mad
3) Menirukan contoh masing-masing hukum
bacaan mad
4) Menentukan dan melafalkan bacaan mad
pada QS. Al-Fatihah dan Al-Kafirun
|
a) Pengertian hukum
bacaan mad
b) Macam-macam hukum
bacaan mad
c) Contoh
masing-masing hukum bacaan mad
d) Bacaan mad pada QS. Al-Fatihah dan
Al-Kafirun
|
100’
|
VCD The Holy
Qur’an, Laptop, LCD, Wireless, Mushaf Al-Qur’an
|
Portofolio, kinerja, dan tes
|
a. Membuat perencanaan
pembelajaran tentang hukum bacaan mad
b. Mempraktekkan pembelajaran di kelas
|
1) Mendesain pembelajaran
tentang hukum bacaan mad
2) Melaksanakan pembelajaran di kelas
|
Pembelajaran
hukum bacaan mad
|
100’
|
Mel Silberman, Active
Learning (2001)
Hisyam Zaini,
dkk., Desain Pembelajaran di Perguruan Tinggi (2002)
Hisyam Zaini,
dkk., Strategi Pembelajaran di Perguruan Tinggi (2002)
Mukhtar, Desain Pembelajaran PAI (2002)
|
Tugas dan
proses
|
|
1.7. Memahami hukum bacaan waqaf dan
washal serta cara pembelajarannya
|
a. Menjelaskan
pengertian hukum bacaan waqaf dan washal
b. Menjelaskan
macam-macam hukum bacaan waqaf dan washal
c. Menyebutkan contoh-contoh hukum bacaan
waqaf dan washal
d. Menunjukkan bacaan waqaf dan washal pada
QS. Al-Fatihah, Al-Ikhlas,
dan beberapa ayat dalam QS. Al-Baqarah
|
1) Mengkaji pengertian hukum bacaan
waqaf dan washal
2) Mengkaji macam-macam hukum bacaan
waqaf dan washal
3)
Menirukan contoh masing-masing hukum bacaan waqaf dan washal
4)
Menentukan dan melafalkan bacaan waqaf dan washal pada QS. Al-Fatihah, Al-Ikhlas, dan beberapa QS. Al-Baqarah
|
a)
Pengertian hukum bacaan waqaf
dan washal
b)
Macam-macam hukum bacaan waqaf
c)
Contoh masing-masing hukum
bacaan waqaf dan washal
d) Bacaan
waqaf dan washal pada QS. Al-Fatihah, Al-Ikhlas, dan beberapa ayat dalam QS.
Al-Baqarah
|
100’
|
VCD The Holy
Qur’an, Laptop, LCD, Wireless, Mushaf Al-Qur’an
|
Portofolio, kinerja, dan tes
|
a. Membuat
perencanaan pembelajaran tentang hukum bacaan waqaf dan washal
b.
Mempraktekkan pembelajaran di kelas
|
1)
Mendesain pembelajaran tentang
hukum bacaan waqaf dan washal
2) Melaksanakan pembelajaran di kelas
|
Pembelajaran hukum bacaan waqaf dan washal
|
100’
|
Mel Silberman, Active Learning (2001)
Hisyam Zaini, dkk., Desain Pembelajaran di Perguruan
Tinggi (2002)
Hisyam Zaini, dkk., Strategi Pembelajaran di Perguruan
Tinggi (2002)
Mukhtar, Desain Pembelajaran PAI (2002)
|
Tugas dan
proses
|
|
2.1. Memahami Al-Qur’an dan hal-hal yang berhubungan
dengannya serta trampil mengajarkan di kelas
|
a. Menjelaskan pengertian Al-Qur’an
b. Mengungkapkan bukti-bukti
keontentikan Al-Qur’an
c. Menguraikan isi pokok ajaran Al-Qur’an
d. Menyebutkan ayat yang mendukung
tentang isi pokok ajaran Al-Qur’an
e. Menjelaskan fungsi Al-Qur’an
f. Mengidentifikasi perilaku orang yang
meyakini kebenaran Al-Qur’an
g. Mencari ayat-ayat atau surat tertentu
melalui kitab-kitab atau program SD The Holi Qur’an
h. Membedakan macam-macam lagu qira’ah
mujawwadah
|
1) Mengkaji pengertian Al-Qur’an
2) Mendiskusikan bukti-bukti keotentikan
Al-Qur’an
3) Mendiskusikan isi pokok ajaran
Al-Qur’an
4) Mengkaji ayat yang mendukung tentang
isi pokok ajaran Al-Qur’an
5) Mendiskusikan fungsi Al-Qur’an
6) Mendiskusikan perilaku orang yang
meyakini kebenaran Al-Qur’an
7) Mengevaluasi diri perilaku mana yang
sudah dilakukan sebagai langkah awal untuk menyempurnakan diri
8) Membuka kitab-kitab dan program CD
The Holi Qur’an untuk mencari surat atau ayat-ayat tertentu
9) Mendengarkan macam-macam lagu qira’ah
mujawwadah
|
a) Pengertian
Al-Qur’an
b)
Keotentikan Al-Qur’an
c) Isi pokok ajaran
Al-Qur’an dan ayat yang mendukungnya
d) Fungsi Al-Qur’an
e) Perilaku orang yang
meyakini kebenaran Al-Qur’an
f) Kitab-kitab dan
program CD The Holi Qur’an yang berhubungan dengan cara-cara mencari surat
dan ayat dalam Al-Qur’an
g) Macam-macam lagu qira’ah
mujawwadah
|
200’
|
Muqaddimah
Al-Qur’an dan Terjemahnya
VCD The Holi
Qur’an
CD Qira’ah
Mujawwadah
Fathurrahman
li Thalabi Ayatil Qur’an
Al-Mu’jam
Al- Mufahras li Alfadhil Qur’an Al-Karim
|
Portofolio, kinerja, dan tes
|
a. Membuat
perencanaan pembelajaran tentang mengenal Al-Qur’an dan hal-hal yang
berhubungan dengannya
b.
Mempraktekkan pembelajaran di kelas
|
1) Mendesain
pembelajaran tentang mengenal Al-Qur’an dan hal-hal yang berhubungan
dengannya
2)
Melaksanakan pembelajaran di kelas
|
Pembelajaran
mengenal Al-Qur’an dan hal-hal yang berhubungan dengannya
|
100’
|
Mel Silberman, Active
Learning (2001)
Hisyam Zaini,
dkk., Desain Pembelajaran di Perguruan Tinggi (2002)
Hisyam Zaini,
dkk., Strategi Pembelajaran di Perguruan Tinggi (2002)
Mukhtar, Desain Pembelajaran PAI (2002)
|
Tugas dan
praktek
|
|
3.1.Mendeskripsi-kan ayat-ayat Al-Qur’an
tentang manusia sebagai makhluk yang terbaik, kerja keras, berserah diri pada
Allah, mengamalkan ajaran-ajarannya
dalam kehidupan sehari-hari, dan trampil mengajarkan-nya di kelas.
|
a. Membaca QS. At-Tin dan Al-Insyirah secara
tartil dan benar
b. Mengartikan kata-kata dalam QS.
At-Tin dan Al-Insyirah
c. Mengartikan ayat dalam QS. At-Tin dan
Al-Insyirah
d. Menguraikan makna setiap ayat dalam
QS. At-Tin dan Al-Insyirah
e. Menyimpulkan pesan-pesan pokok dari
QS. At-Tin dan Al-Insyirah
|
1) Membaca QS. At-Tin dan Al-Insyirah secara
tartil dan benar
2) Menterjemahkan kata-kata dalam QS.
At-Tin dan Al-Insyirah
3) Menterjemahkan ayat dalam QS. At-Tin
dan Al-Insyirah
4) Mendiskusikan makna ayat dalam QS.
At-Tin dan Al-Insyirah
5) Mendiskusikan pesan-pesan pokok dalam
At-Tin dan Al-Insyirah
|
a) Bacaan QS. At-Tin
dan Al-Insyirah secara tartil dan benar
b) Arti masing-masing
kata dalam QS. At-Tin dan Al-Insyirah
c) Arti masing-masing
ayat dalam QS. At-Tin dan Al-Insyirah
d) Makna setiap ayat
dalam QS. At-Tin dan
Al-Insyirah
e) Pesan-pesan pokok
dari QS. At-Tin dan
Al-Insyirah
|
100’
|
VCD The Holy
Qur’an
M. Quraish
Shihab, Tafsir Al-Mishbah (2007)
Tafsir
Al-Maraghi
|
Portofolio, kinerja, dan tes
|
a. Membuat perencanaan pembelajaran QS. At-Tin
dan Al-Insyirah
b. Mempraktekkan pembelajaran di kelas
|
1) Mendesain
pembelajaran tentang QS. At-Tin dan Al-Insyirah
2) Melaksanakan pembelajaran di kelas
|
Pembelajaran
QS. At-Tin dan Al-Insyirah
|
100’
|
Mel Silberman, Active
Learning (2001)
Hisyam Zaini,
dkk., Desain Pembelajaran di Perguruan Tinggi (2002)
Hisyam Zaini,
dkk., Strategi Pembelajaran di Perguruan Tinggi (2002)
Mukhtar, Desain Pembelajaran PAI (2002)
|
Tugas dan
praktek
|
|
3.2. Mendeskripsi-kan ayat-ayat
Al-Qur’an tentang perilaku khalifah di muka bumi dan perilaku ikhlas
beribadah, mengamalkan ajaran-ajarannya dalam kehidupan sehari-hari, dan
trampil mengajarkan-nya di kelas.
|
a. Membaca QS. Al-Baqarah: 30,
Al-Mu’minun: 12-14, Adz-Dzariyat: 56, Al-Hajj: 5, Al-An’am: 162-163 dan
Al-Bayyinah: 5 secara tartil dan benar
b. Mengartikan kata-kata dalam QS. Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minun: 12-14,
Adz-Dzariyat: 56, Al-Hajj: 5, Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
c. Mengartikan ayat dalam QS. Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minun: 12-14,
Adz-Dzariyat: 56, Al-Hajj: 5, Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
d. Menguraikan makna setiap ayat dalam
QS. Al-Baqarah: 30,
Al-Mu’minun: 12-14, Adz-Dzariyat: 56, Al-Hajj: 5, Al-An’am: 162-163 dan
Al-Bayyinah: 5
e. Menyimpulkan pesan-pesan tentang
perilaku khalifah di muka bumi dan perilaku ikhlas beribadah dari QS.
Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minun: 12-14, Adz-Dzariyat: 56, Al-Hajj: 5, Al-An’am:
162-163 dan Al-Bayyinah: 5
|
1) Membaca QS. Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minun:
12-14, Adz-Dzariyat: 56, Al-Hajj: 5, Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5 secara tartil dan benar
2) Menterjemahkan kata-kata dalam QS. Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minun: 12-14, Adz-Dzariyat:
56, Al-Hajj: 5, Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
3) Menterjemahkan ayat dalam QS.
Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minun: 12-14, Adz-Dzariyat: 56, Al-Hajj: 5, Al-An’am:
162-163 dan Al-Bayyinah: 5
4) Mendiskusikan makna ayat dalam QS. Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minun: 12-14, Adz-Dzariyat:
56, Al-Hajj: 5, Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
5) Mendiskusikan pesan-pesan tentang
perilaku khalifah di muka bumi dan perilaku ikhlas beribadah dalam QS.
Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minun: 12-14, Adz-Dzariyat: 56, Al-Hajj: 5, Al-An’am:
162-163 dan Al-Bayyinah: 5
|
a) Bacaan QS.
Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minun: 12-14, Adz-Dzariyat: 56, Al-Hajj: 5, Al-An’am: 162-163 dan
Al-Bayyinah: 5 secara tartil dan benar
b) Arti masing-masing
kata dalam QS. Al-Baqarah:
30, Al-Mu’minun: 12-14, Adz-Dzariyat: 56,
Al-Hajj: 5, Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
c) Arti masing-masing
ayat dalam QS. Al-Baqarah:
30, Al-Mu’minun: 12-14, Adz-Dzariyat: 56, Al-Hajj: 5, Al-An’am: 162-163 dan
Al-Bayyinah: 5
d) Makna setiap ayat
dalam QS. Al-Baqarah: 30,
Al-Mu’minun: 12-14, Adz-Dzariyat: 56,
Al-Hajj: 5, Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
e) Pesan-pesan pokok “perilaku khalifah
di muka bumi dan perilaku ikhlas beribadah” dari QS. Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minun:
12-14, Adz-Dzariyat: 56, Al-Hajj: 5,
Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
|
100’
|
VCD The Holy
Qur’an
M. Quraish
Shihab, Tafsir Al-Mishbah (2007)
Tafsir
Al-Maraghi
Fathurrahman
li Thalabi Ayatil Qur’an
Al-Mu’jam
Al- Mufahras li Alfadhil Qur’an Al-Karim
|
Portofolio, kinerja,
dan tes
|
a. Membuat perencanaan pembelajaran
tentang QS. Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minun: 12-14, Adz-Dzariyat: 56, Al-Hajj: 5,
Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah: 5
b.
Mempraktekkan pembelajaran di kelas
|
1) Mendesain pembelajaran tentang QS.
Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minun: 12-14, Adz-Dzariyat: 56, Al-Hajj: 5, Al-An’am: 162-163 dan Al-Bayyinah:
5
2) Melaksanakan
pembelajaran di kelas
|
Pembelajaran
QS. Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minun: 12-14, Adz-Dzariyat: 56, Al-Hajj: 5, Al-An’am: 162-163 dan
Al-Bayyinah: 5
|
100’
|
Mel Silberman, Active
Learning (2001)
Hisyam Zaini,
dkk., Desain Pembelajaran di Perguruan Tinggi (2002)
Hisyam Zaini,
dkk., Strategi Pembelajaran di Perguruan Tinggi (2002)
Mukhtar, Desain Pembelajaran PAI (2002)
|
Tugas dan
praktek
|
|
3.3. Mendeskripsi-kan ayat-ayat
Al-Qur’an tentang perilaku demokratis dan perilaku berkompetisi dalam kebaikan,
mengamalkan ajaran-ajarannya dalam kehidupan sehari-hari, dan trampil
mengajarkan-nya di kelas.
|
a. Membaca QS. Ali Imran: 159,
Asy-Syura: 38, Al-Baqarah: 148 dan Fathir: 32 secara tartil dan benar
b. Mengartikan kata-kata dalam QS. Ali
Imran: 159, Asy-Syura: 38, Al-Baqarah: 148 dan Fathir: 32
c. Mengartikan ayat dalam QS. Ali Imran:
159, Asy-Syura: 38, Al-Baqarah: 148 dan Fathir: 32
d. Menguraikan makna setiap ayat dalam
QS. Ali Imran: 159, Asy-Syura: 38, Al-Baqarah: 148 dan Fathir: 32
e. Menyimpulkan pesan-pesan tentang
perilaku demokratis dan perilaku berkompetisi dalam kebaikan dari QS. Ali
Imran: 159, Asy-Syura: 38, Al-Baqarah: 148 dan Fathir: 32
|
1) Membaca QS. Ali Imran: 159,
Asy-Syura: 38, Al-Baqarah: 148 dan Fathir: 32 secara tartil dan benar
2) Menterjemahkan kata-kata dalam QS. Ali
Imran: 159, Asy-Syura: 38, Al-Baqarah: 148 dan Fathir: 32
3) Menterjemahkan ayat dalam QS. Ali
Imran: 159, Asy-Syura: 38, Al-Baqarah: 148 dan Fathir: 32
4) Mendiskusikan makna ayat dalam QS. Ali
Imran: 159, Asy-Syura: 38, Al-Baqarah: 148 dan Fathir: 32
5) Mendiskusikan pesan-pesan tentang
perilaku demokratis dan perilaku berkompetisi dalam kebaikan dari QS. Ali Imran: 159, Asy-Syura: 38,
Al-Baqarah: 148 dan Fathir: 32
|
a) Bacaan QS. Ali
Imran: 159, Asy-Syura: 38, Al-Baqarah: 148 dan Fathir: 32 secara tartil dan benar
b) Arti masing-masing
kata dalam QS. Ali Imran:
159, Asy-Syura: 38, Al-Baqarah: 148 dan Fathir: 32
c) Arti masing-masing
ayat dalam QS. Ali Imran:
159, Asy-Syura: 38, Al-Baqarah: 148 dan Fathir: 32
d) Makna setiap ayat
dalam QS. Ali Imran: 159,
Asy-Syura: 38, Al-Baqarah: 148 dan Fathir: 32
e) Pesan-pesan pokok “perilaku
demokratis dan perilaku berkompetisi dalam kebaikan” dari QS. Ali Imran: 159,
Asy-Syura: 38, Al-Baqarah: 148 dan Fathir: 32
|
100’
|
VCD The Holy
Qur’an
M. Quraish
Shihab, Tafsir Al-Mishbah (2007)
Tafsir
Al-Maraghi
Fathurrahman
li Thalabi Ayatil Qur’an
Al-Mu’jam
Al- Mufahras li Alfadhil Qur’an Al-Karim
|
Portofolio,
kinerja, dan tes
|
a. Membuat perencanaan pembelajaran
tentang QS. Ali Imran: 159, Asy-Syura: 38, Al-Baqarah: 148 dan Fathir: 32
b.
Mempraktekkan pembelajaran di kelas
|
1) Mendesain pembelajaran tentang QS.
Ali Imran: 159 dan Asy-Syura: 38
2) Melaksanakan
pembelajaran di kelas
|
Pembelajaran
QS. Ali Imran: 159, Asy-Syura: 38, Al-Baqarah: 148 dan Fathir: 32
|
100’
|
Mel Silberman, Active
Learning (2001)
Hisyam Zaini,
dkk., Desain Pembelajaran di Perguruan Tinggi (2002)
Hisyam Zaini,
dkk., Strategi Pembelajaran di Perguruan Tinggi (2002)
Mukhtar, Desain Pembelajaran PAI (2002)
|
Tugas dan
praktek
|
|
3.4. Mendeskripsi-kan ayat-ayat
Al-Qur’an tentang perilaku menyantuni kaum
dlu’afa’ dan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup, mengamalkan ajaran-ajarannya dalam kehidupan
sehari-hari, dan trampil mengajarkan-nya di kelas.
|
a. Membaca QS. Al-Isra’: 26-27,
Al-Baqarah: 177, Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58 dan Ash-Shad: 27 secara tartil dan benar
b. Mengartikan kata-kata dalam QS. Al-Isra’: 26-27, Al-Baqarah: 177,
Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58 dan Ash-Shad: 27
c. Mengartikan ayat dalam QS. Al-Isra’: 26-27, Al-Baqarah: 177,
Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58 dan Ash-Shad: 27
d. Menguraikan makna setiap ayat dalam
QS. Al-Isra’: 26-27,
Al-Baqarah: 177, Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58 dan Ash-Shad: 27
e. Menyimpulkan pesan-pesan pokok
tentang perilaku menyantuni dlu’afa’ dan perilaku menjaga kelestarian
lingkungan hidup dari QS. Al-Isra’: 26-27, Al-Baqarah: 177, Ar-Rum: 41-42,
Al-A’raf: 56-58 dan Ash-Shad: 27
|
1) Membaca QS. Al-Isra’: 26-27,
Al-Baqarah: 177, Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58 dan Ash-Shad: 27 secara tartil dan benar
2) Menterjemahkan kata-kata dalam QS. Al-Isra’: 26-27, Al-Baqarah: 177,
Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58 dan Ash-Shad: 27
3) Menterjemahkan ayat dalam QS.
Al-Isra’: 26-27, Al-Baqarah: 177, Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58 dan
Ash-Shad: 27
4) Mendiskusikan makna ayat dalam QS. Al-Isra’: 26-27, Al-Baqarah: 177,
Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58 dan Ash-Shad: 27
5) Mendiskusikan pesan-pesan pokok
tentang perilaku menyantuni dlu’afa’ dan perilaku menjaga kelestarian
lingkungan hidup dari QS. Al-Isra’: 26-27, Al-Baqarah: 177, Ar-Rum: 41-42,
Al-A’raf: 56-58 dan Ash-Shad: 27
|
a) Bacaan QS.
Al-Isra’: 26-27, Al-Baqarah: 177, Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58 dan
Ash-Shad: 27 secara tartil dan benar
b) Arti masing-masing
kata dalam QS. Al-Isra’:
26-27, Al-Baqarah: 177, Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58 dan Ash-Shad: 27
c) Arti masing-masing
ayat dalam QS. Al-Isra’:
26-27, Al-Baqarah: 177, Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58 dan Ash-Shad: 27
d) Makna setiap ayat
dalam QS. Al-Isra’: 26-27,
Al-Baqarah: 177, Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58 dan Ash-Shad: 27
e) Pesan-pesan pokok tentang “perilaku menyantuni kaum dlu’afa’ dan
perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup” dari QS. Al-Isra’: 26-27,
Al-Baqarah: 177, Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58 dan Ash-Shad: 27
|
100’
|
VCD The Holy
Qur’an
M. Quraish
Shihab, Tafsir Al-Mishbah (2007)
Tafsir
Al-Maraghi
Fathurrahman
li Thalabi Ayatil Qur’an
Al-Mu’jam
Al- Mufahras li Alfadhil Qur’an Al-Karim
|
Portofolio, kinerja,
dan tes
|
a. Membuat perencanaan pembelajaran
tentang QS. Al-Isra’: 26-27, Al-Baqarah: 177, Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58
dan Ash-Shad: 27
b.
Mempraktekkan pembelajaran di kelas
|
1) Mendesain pembelajaran tentang QS.
Al-Isra’: 26-27, Al-Baqarah: 177, Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58 dan
Ash-Shad: 27
2) Melaksanakan pembelajaran di kelas
|
Pembelajaran
QS. Al-Isra’: 26-27, Al-Baqarah: 177, Ar-Rum: 41-42, Al-A’raf: 56-58 dan
Ash-Shad: 27
|
100’
|
Mel Silberman, Active
Learning (2001)
Hisyam Zaini,
dkk., Desain Pembelajaran di Perguruan Tinggi (2002)
Hisyam Zaini,
dkk., Strategi Pembelajaran di Perguruan Tinggi (2002)
Mukhtar, Desain Pembelajaran PAI (2002)
|
Tugas dan
praktek
|
|
3.5. Mendeskripsi-kan ayat-ayat
Al-Qur’an tentang perilaku bertoleransi dan perilaku etos kerja, mengamalkan
ajaran-ajarannya dalam kehidupan sehari-hari, dan trampil mengajarkan-nya di
kelas.
|
a. Membaca QS. Al-Kafirun, Yunus: 40-41,
Al-Kahfi: 29, Al-Mujadalah: 11 dan Al-Jum’ah: 9-10 secara tartil dan benar
b. Mengartikan kata-kata dalam QS. Al-Kafirun, Yunus: 40-41, Al-Kahfi: 29,
Al-Mujadalah: 11 dan Al-Jum’ah: 9-10
c. Mengartikan ayat dalam QS. Al-Kafirun, Yunus: 40-41, Al-Kahfi: 29,
Al-Mujadalah: 11 dan Al-Jum’ah: 9-10
d. Menguraikan makna setiap ayat dalam
QS. Al-Kafirun, Yunus:
40-41, Al-Kahfi: 29, Al-Mujadalah: 11 dan Al-Jum’ah: 9-10
e. Menyimpulkan pesan-pesan pokok dari
QS. Al-Kafirun, Yunus: 40-41, Al-Kahfi: 29, Al-Mujadalah: 11 dan Al-Jum’ah:
9-10
|
1) Membaca QS. Al-Kafirun, Yunus: 40-41,
Al-Kahfi: 29, Al-Mujadalah: 11 dan Al-Jum’ah: 9-10 secara tartil dan benar
2) Menterjemahkan kata-kata dalam QS. Al-Kafirun, Yunus: 40-41, Al-Kahfi: 29,
Al-Mujadalah: 11 dan Al-Jum’ah: 9-10
3) Menterjemahkan ayat dalam QS. Al-Kafirun,
Yunus: 40-41, Al-Kahfi: 29, Al-Mujadalah: 11 dan Al-Jum’ah: 9-10
4) Mendiskusikan makna ayat dalam QS. Al-Kafirun, Yunus: 40-41, Al-Kahfi: 29,
Al-Mujadalah: 11 dan Al-Jum’ah: 9-10
5) Mendiskusikan pesan-pesan pokok
tentang perilaku bertoleransi dan perilaku etos kerja dalam QS. Al-Kafirun, Yunus: 40-41, Al-Kahfi: 29,
Al-Mujadalah: 11 dan Al-Jum’ah: 9-10
|
a) Bacaan QS.
Al-Kafirun, Yunus: 40-41, Al-Kahfi: 29, Al-Mujadalah: 11 dan Al-Jum’ah:
9-10 secara tartil dan benar
b) Arti masing-masing
kata dalam QS. Al-Kafirun,
Yunus: 40-41, Al-Kahfi: 29, Al-Mujadalah: 11 dan Al-Jum’ah: 9-10
c) Arti masing-masing
ayat dalam QS. Al-Kafirun,
Yunus: 40-41, Al-Kahfi: 29, Al-Mujadalah: 11 dan Al-Jum’ah: 9-10
d) Makna setiap ayat
dalam QS. Al-Kafirun,
Yunus: 40-41, Al-Kahfi: 29, Al-Mujadalah: 11 dan Al-Jum’ah: 9-10
e) Pesan-pesan pokok “perilaku
bertoleransi dan perilaku etos kerja” dari QS. Al-Kafirun, Yunus: 40-41,
Al-Kahfi: 29, Al-Mujadalah: 11 dan Al-Jum’ah: 9-10
|
100’
|
VCD The Holy
Qur’an
M. Quraish
Shihab, Tafsir Al-Mishbah (2007)
Tafsir
Al-Maraghi
Fathurrahman
li Thalabi Ayatil Qur’an
Al-Mu’jam
Al- Mufahras li Alfadhil Qur’an Al-Karim
|
Portofolio,
kinerja, dan tes
|
a. Membuat perencanaan pembelajaran
tentang QS. Al-Kafirun, Yunus: 40-41, Al-kahfi: 29, Al-Mujadalah: 11 dan
Al-Jum’ah: 9-10
b.
Mempraktekkan pembelajaran di kelas
|
1)
Mendesain pembelajaran tentang QS. Al-Kafirun,
Yunus: 40-41, Al-kahfi: 29, Al-Mujadalah: 11 dan Al-Jum’ah: 9-10
2) Melaksanakan pembelajaran di kelas
|
Pembelajaran
QS. Al-Kafirun, Yunus: 40-41, Al-Kahfi: 29, Al-Mujadalah: 11 dan Al-Jum’ah:
9-10
|
100’
|
Mel Silberman, Active
Learning (2001)
Hisyam Zaini,
dkk., Desain Pembelajaran di Perguruan Tinggi (2002)
Hisyam Zaini,
dkk., Strategi Pembelajaran di Perguruan Tinggi (2002)
Mukhtar, Desain Pembelajaran PAI (2002)
|
Tugas dan
praktek
|