Mata
Kuliah : Pendidikan Agama Islam
Prodi : Semua Jurusan
Kode/SKS : I/2 SKS
Waktu : 2 x 50 menit
KOMPETENSI
:
1.
Mahasiswa dapat
memahami agama Islam dalam berbagai perspektif
2. Mahasiswa dapat memahami realitas keberagaman umat Islam dan memahami isu-isu kontemporer
2. Mahasiswa dapat memahami realitas keberagaman umat Islam dan memahami isu-isu kontemporer
3.
Mahasiswa
bersifat kritis, memiliki wawasan plural dan bersikap toleran terhadap
perbedaan.
POKOK
BAHASAN :
1.
Tuhan Yang
Maha Esa dan Ketuhanan
2.
Hakikat
Manusia Menurut Islam
3.
Kebutuhan
Manusia Terhadap Agama
4.
Sejarah
Pencarian Manusia Terhadap Agama
5.
Allah, Wahyu,
Alam dan Manusia
6.
Karakteristik
Ajaran Islam (Tauhid Inti Ajaran Islam)
7.
Pandangan dan
Pedoman Hidup Islami
8.
Ilmu
Pengetahuan, Teknologi dan Seni dalam Islam
9.
Kerukunan
Antar Umat Beragama
10.
Masyarakat
Madani dan Kesejahteraan Umat
Metodologi
Pembelajaran :
Perkuliahan di
kelas akan diaplikasikan dengan metode Holistik, yaitu penggabungan antara
kuliah dalam bentuk penjelasan dari dosen, diskusi egaliter antara dosen dan
mahasiswa, dan mahasiswa-mahasiswa untuk menumbuhkan kermampuan berpikir
ilmiah, kepercayaan diri serta berkomunikasi satu sama lain. Sementara di luar
kelas, mahasiswa secara individu dituntut untuk membaca berbagai literature dan
menuangkan gagasannya dalam bentuk tulisan.
Tugas-Tugas
:
Untuk menunjang
Proses pembelajaran holistic setiap mahasiswa diharuskan untuk mengerjakan
tugas-tugas sebagai berikut :
1. Tugas Membaca (Reading Assignment)
Setiap
mahasiswa diharuskan terlebih dahulu membaca materi yang akan diberikan dengan
merujuk ke buku pegangan yang digunakan sebelum masuk kelas. Diharapkan
mahasiswa dapat mengingat makna terhadap literature yang dibacanya, dengan cara
menuliskan point-point penting dan menyiapkan beberapa pertanyaan.
2. Tugas Menulis (Writing Assignment)
Setiap
mahasiswa diharuskan menulis tiga tulisan; yang pertama tulisan reflektif
(tulisan yang mengapresiasi topic tertentu, berdasarkan opini penulis dan
pengalaman pribadi) ; kedua adalah
tulisan ilmiah/makalah tentang topic yang telah disediakan di atas ; dan ketiga, resensi buku (book review) yaitu
tulisan dengan tujuan untuk mengulas dan menilai satu judul buku.
3. Tugas Presentasi
Kelompok (Group Presentation Assignment)
Secara
berkelompok, mahasiswa akan ditugaskan mendiskusikan suatu topic dan
mempresentasikannya di hadapan kelompok yang lain. Semua mahasiswa mesti
berpartisipasi aktif dalam bertanya atau merespon berbagai pertanyaan yang
diajukan oleh mahasiswa yang lain.
Penilaian
:
Komponen yang akan dinilai dalam
perkuliahan adalah sebagai berikut :
a.
Aktivitas di
Kelas dengan presentasi nilai tertinggi yang diberikan sebesar 10%
b.
Karya Tulis
dengan presentasi nilai tertinggi yang diberikan sebesar 20%
c.
Ujian Tengah
Semester dengan presentasi nilai tertinggi yang diberikan sebesar 30%
d.
Ujian Akhir
Semester dengan presentasi nilai tertinggi yang diberikan sebesar 40%
Kehadiran
mahasiswa minimal 75% dari seluruh pertemuan, apabila kurang dari 75% mahasiswa
yang bersangkutan tidak diperkenankan mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS).
DAFTAR
PUSTAKA :
1.
Himpunan
Putusan Tarjih Muhammadiyah
2.
PP.
Muhammadiyah, Pedoman Hidup Islami, Suara
Muhammadiyah 2010
3. Majelis
Tarjih Muhammadiyah, Tafsir Tematis
Al-Qur’an. Yogyakarta. Suara Muhammadiyah 2000
4.
M. Amien
Rais, Tauhid Sosial, Mizan. 1998
5.
Karen
Amstrong, Sejarah Tuhan. Mizan 1998
6
Yusron Razak,
dkk., Pendidikan Agama, Uhamka Press,
Jakarta 2001
7.
Ali Syariati,
Tugas Cendikiawan Muslim, Rajawali.
Jakarta. 1986
8.
Elizabeth K.
Notingham, Agama dan Masyarakat,
Jakarta, CV. Rajawali 1985
9.
Endang
Syaifuddin Anshari, Ilmu, Filsafat dan
Agama, Surabaya, Bina Ilmu 1991
10. Endang
Syaifuddin Anshari, Wawasan Islam, Bandung,
Pustaka. 1983
11. Harun
Nasution, Islam ditinjau dari Berbagai
Aspeknya, jilid I-II. Jakarta. UI Press 1979
12. Quraisy
Syihab, Membumikan Al-Qur’an, Bandung.
Mizan. 1992
13. Nurcholis
Madjid, Islam, Doktrin dan Peradaban, Jakarta.
Paramadina. 1990
14.
Alwi Shihab, Membendung Arus, Respon Gerakan Muhammadiyah
Terhadap Penetrasi Misi Kristen di Indonesia, Bandung, Mizan. 1992
15. Pabali Musa,
dkk., Buku Ajar Pendidikan Agama Islam.
Sesuai Kurikulum Terbaru DIRJEN DIKTI DEPDIKNAS, Pontianak. 2007